Januari 09, 2012

EVERY CHILD IS SPECIAL


            Manusia di lahirkan dengan bakat mereka masing-masing. Setiap manusia itu spesial, sama halnya makhluk yang lain. Mereka memiliki kespecialan dalam diri mereka sendiri, yang diperlukan untuk melihat itu adalah kecamata yang jelas. Entah kenapa otak gue lagi pengen banget ngebahas kespecialan yang dimiliki setiap anak di dunia ini.
            Rentangnya orang-orang memakai kata “idiot” ketika mengejek satu dengan yang lainnya membuat gue sadar. Sebenarnya orang yang mengatakan hal itu adalah dia yang mengatakan dirinya sendiri bukan untuk orang lain melainkan untuk dirinya.
            Pernahkah kita sekali saja berfikir ketika hendak mengeluarkan kata-kata kasar apa akibat dari perkataan kita itu? Ketika marah kalian yang selalu berkata “ANJING” atau “KAMPRET” atau “IDIOT” tidak pernahkah merasa bahwa kalian sedang menyinggung perasaan kaum ANJING, KAMPRET, dan IDIOT.
            Misalnya saja kayak gini, lagi emosi-emosinya tiba-tiba kalian ngomong “ANJING!” eh tahu-tahu ada seekor anjing pitbull di samping kalian yang sedang menatap kalian dengan tatapan “SALAH GUE? SALAH TEMEN-TEMEN GUE? SALAH KELUARGA GUE?”. Atau ketika kalian emosi banget terus ngomong ‘KAMPRET LO!’ tiba-tiba saja ada kampret beneran lagi ngeliatin kalian dengan tatapan “APA LO MANGGIL GUE? MAU GUE HAJAR SAMPE MENCRET LO!”. Dan ketika kalian mengatakan, “Idiot banget sih lo!” atau bilang “Dasar Autis!”, secara kebetulan orang yang kalian maki itu memiliki keluarga yang idiot atau menderita autis sejak lahir.
            Menjaga perasaan orang itu emang lebih sulit dari menjaga berat badan, salah ngomong sedikit saja sumpah serapah di ucapkan dalam hati. Ya buat jaga-jaga saja mendingan ketika marah kalian bilang “ASTAGFIRULLAH” saja, itu jauh lebih ampuh meredam amarah kalian di banding mengeluarkan kata kasar yang bisa menyinggung.
            Perkataan “IDIOT” ini yang paling gak bisa di tolerir. Setiap detik puluhan anak lahir di dunia, ada yang lahir sempurna dan ada yang lahir dengan ketidaksempurnaan. Lalu apakah ketidaksempurnaan itu yang membuat si sempurna dengan gampangnya mengolok-olok si tidak sempurna?
            Mereka yang terlahir tidak sempurna tidak pernah meminta mereka di lahirkan seperti itu, mereka juga ingin terlahir sempurna. Memiliki organ yang sempurna, memiliki anggota tubuh yang sempurna, tidak cacat, dan tidak memiliki penyakit. Jika saja kita bisa lebih membuka mata untuk saling menghargai dengan tidak mengatakan hal yang mungkin bisa menyinggung orang lain, perkelahian mungkin tidak akan terjadi. Tidak mungkin ada tawuran dan tidak mungkin ada saling bunuh dengan saudara mereka.
            Jika saja setiap manusia mampu memberikan satu contoh yang baik untuk yang lainnya gue jamin negara kita bakalan selalu aman. Misalnya saja gini, ketika adik kalian atau kakak kalian memiliki seorang teman yang memiliki adik atau kakak yang terlahir tidak sempurna jangan pernah mengatakan hal yang bisa membuat dia membenci saudaranya. Jangan pernah mengatakan hal yang mampu membangkitkan rasa malu di dalam dirinya karena memiliki saudara yang tidak sempurna.
            Setiap manusia yang tidak sempurna seperti manusia lainnya selalu memiliki bakat yang luar biasa. Berikut gue lampirkan beberapa dari mereka yang terlahir tidak sempurna namun berhasil meraih sukses dengan sempurna bahkan di luar dari orang yang sempurna.
 1. Albert Einstein

(kakek gue waktu ngasih wejangan "imajinasi lebih penting dari pengetahuan")
      siapa yang tidak mengenal tokoh ini? Kakek gue ini sangat di kenal karena teori relativitasnya. Dia bahkan salah satu peraih Nobel. Tapi siapa sangka sewaktu kecil dia anak yang sangat terlambat berbicara dan menderita autisme. Dan dia juga sangat lalai dalam pelajaran. Tapi dia di terkenal oleh dunia karena impian dan usahanya. Bakat nyata yang dia miliki.
2. Thomas Alva Edison

(Ini paman dari paman-pamannya pamannya pamannya paman gue)
       Kalau tokoh yang satu ini pasti semua pada kenal, ya iyalah tanpa dia kehidupan bakalan hampa banget. Siapa sangka si jenius yang satu ini sewaktu kecil dia anak yang bodoh dan agak tuli. Bahkan dia hanya bersekolah selama 3 bulan, tapi dengan usahanya untuk terus maju dia akhirnya menjadi seorang penemu yang dikenal semua manusia.

 3. Chris Gardner
     Kalian tahu kan film yang berjudul "Pursuit of Happyness" itu adalah sebuah kisah nyata dari Christoper Paul Gardner. Dia bukan seorang yang berpendidikan tinggi, segala macam cobaan pernah menghampirinya mulai dari di tinggalkan istri, di tangkap polisi, sampai kehilangan tempat tinggal. Tapi untung saja dia tidak kehilangan jati diri. Tapi dia terus berusaha dan berjuang, Kini dia menjadi seorang milyuner sukses, motivator, entrepeneur dan filantropis. Sekarang dia mempunyai Gardner Rich & Co, sebuah perusahaan pialang saham.

(Om Chris lagi jampe-jampe)

4. Ludwig van Beethoven
    Musisi yang satu ini pasti sangat terkenal di kalangan penyanyi dan musisi-musisi dunia. Dia komponis yang terkenal dengan karya 9 simfoni, 2 sonata piano, 5 piano concerto, 10 sonata untuk piano dan biola,  serangkaian kuartet gesek yang menakjubkan, musik vokal, musik teater, dan banyak lagi. Tapi siapa kira kompunis yang satu ini ternyata tuli, lalu bagaimana dia bisa begitu hebatnya menciptakan karya-karya simfoni dan musik yang begitu menyentuh? Keinginan kuat untuk tidak maju dan tidak kalah pada keadaan yang membuat komponis ini bisa sehebat ini.
(lagi berusaha menciptakan lagu "alamat bang toyib)

5. Louis Braille
    Louis Braille mengalami kerusakan pada salah satu matanya ketika berusia 3 tahun. Waktu itu secara tidak sengaja dia menikam matanya sendiri dengan alat pembuat lubang dari perkakas kerja ayahnya. Kemudian mata yang satunya terkena sympathetic ophthalmia, sejenis infeksi yang terjadi karena kerusakan mata yang lainnya. Kebutaan tidak membuatnya putus asa, ia menciptakan abjad Braille yang membantu orang buta juga bisa membaca. Sekarang siapa yang tidak tahu Abjad Braille?

6. Abraham Lincoln

(Tatap mata saya)
       Yang satu ini adalah manusia yang paling banyak mengalami kegagalan. Buat kalian yang selalu melakukan sesuatu terus gagal jangan putus asa, soalnya rekor gagal terbanyak masih di pegang kakek tiri gue ini. Apalagi yang selalu gagal dalam masalah percintaan. Berikut ini contoh kegagalan Abraham yang patut di teladani :
Gagal dalam bisnis pada tahun 1831.

Dikalahkan di Badan Legislatif pada tahun 1832.

Gagal sekali lagi dalam bisnis pada tahun1833
.
Mengalami patah semangat pada tahun 1836.

Gagal memenangkan kontes pembisara pada tahun1838.

Gagal menduduki dewan pemilih pada tahun 1840.

Gagal dipilih menjadi anggota Kongres pada tahun 1843.

Dilantik menjadi anggota Kongres pada tahun 1846.

Gagal menjadi anggota Kongres pada tahun 1848.

Gagal menjadi anggota senat pada tahun 1855.

Gagal Menjadi Presiden Pada Tahun 1856.

Gagal Menjadi anggota Dewan Senat pada tahun 1858.

Akhirnya pada tahun 1860 dilantik sebagai presiden Amerika yang ke-16 dan salah seorang presiden yang sukses dalam sejarah Amerika.


7. Nick Vujicic

(amazing people)
      Gue kagum banget sama motivator yang satu ini. Bercermin dari kisahnya mungkin kita bisa sedikit tahu, bahwa sejak lahir Nick tidak memiliki tangan dan kaki karena penyakit Tetra-Amelia langka. Kaki kirinya hanya seperti ekor saja, kenyataan pahit ini sempat membuat Nick ingin bunuh diri di usia 8 tahun namun kemudia dia sadar bahwa hidup harus disyukuri. Dia mulai melakukan aktivitas seperti yang normal lakukan, sekolah, kuliah, berenang, dan lainnya.
       Kesulitan hidup Nick dia atasi saat berumur 17 tahun dengan memulai organisasi sendiri nirlaba Life Without Limbs. Semua Nick lewati dengan usaha yang keras, tidak pernah sekalipun dia menyerah pada kondisinya. Justru dengan seperti ini Semakin semangat untuk menjalani kehidupannya. Sekarang Nick telah menjadi motivator. Nick mengajarkan tentang arti hidup, harapan, dan apa yang dia alami.


            Jika mereka yang memiliki keterbatasan ketika lahir di dunia bisa meraih impian mereka dengan kemauan yang keras, kenapa kita tidak mencontoh sikap mereka. Justru di negara kita, cacat di jadikan sebagai alasan untuk mendapatkan belas kasihan. Bahkan di jadikan alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Setiap anak itu special, mereka terlahir dengan bakat dan impian yang berbeda. Memaksakan mereka untuk menjadi apa yang mereka tidak inginkan justru sama dengan menjerumuskan mereka dalam kegagalan yang hakiki. DO WHAT YOU LIKE, BE WHAT YOU WANT, mimpi hanya akan menjadi mimpi jika kita tidak melakukan apapun untuk mewujudkannya. Saran gue sih jangan jadi PENULIS, ntar banyak saingan xD.

Sampai Jumpa Di tulisan gue selanjutnya :)
semoga ada manfaat :D

4 komentar:

  1. mantap.. JAdi terinspirasi buat nulis :) kunjung balik dan follow ya :)

    BalasHapus
  2. Siip...
    Nanti saya follow :D
    terima kasih udah berkunjung :D

    salam tukang khayal xD

    BalasHapus
  3. Dari semua inspirator yg kamu posting, aku lebih kagum ke sosok nick Vujicic, kisahnya bikin terharu..eh,ada lho video kisah singkat dia di youtube..gue juga posting tentang dia di blogku..

    BalasHapus
  4. wah, ada pengunjung lagi.. punten nyak baru balas komennya.
    Iya, saya juga sama si Nick Vujicic, semangat untuk terus hidupnya patut menjadi contoh bagi semua :D Kapan-kapan mampir lagi ya :D
    Terima kasih sudah berkunjung ;D

    BalasHapus