Juni 19, 2012

Polos vs bego


            Gue gak pernah ngerti sama diri gue, ada kalanya gue sendiri heran ada apa dengan cinta? Ehm, maksud gue ada apa dengan gue? Sampai-sampai banyak bilang gue ini terlalu gampang dibegoin. Yah, gue gampang banget di begoin. Atau karena kelewat baik kali yah gue-nya, huahahahaha.
            Anyway, kisah kali ini sedikit dramatis. Yang gak suka baca atau nonton film drama gue saranin berhenti baca sampai disini aja. Takutnya rumah sakit bakalan penuh setelah kalian baca tulisan gue ini. Ini kisah gue, dan gue harap kalian bisa belajar dari kisah gak romantic gue ini.
            Awalnya gue kenal sama seseorang, yah seseorang melalui dunia maya. Gue gak tahu mesti gimana ngegambarin seseorang itu. Namanya Arya, panjangnya Aryakumbara. Dia baik, perhatian, dan manis. Gue untuk pertama kalinya suka dengan cowok ya dengan si Kumbara ini. Kami pun jadian, saling berbagi kasih sayang layaknya anak-anak yang butuh kasih sayang lebih. Tahun pertama gue lewati dengan sekelibet masalah, hingga akhirnya dia mutusin kuliah ke Jakarta.
            Gue gak tahu gimana bagusnya Jakarta itu sampai-sampai semua orang pengen menetap di kota yang menurut kabar burung adalah kota terkejam setelah ibu tiri. Oh tenang saja, ketika si Kumbara ke Jakarta gue gak kayak Pacar Kimi dalam iklan telkomsel kok yang nangis kejer dan mohon-mohon agar dia gak ke sana. Gue relain dia disana, nuntut ilmu biar pinter.
            Setelah disana gak tahunya dia makin pinter. Pinter mainin perasaan orang lain. Kasarnya I Know What You Did. Tanggal 17 Juni kemarin akhirnya kebongkar sudah kebohongan yang dia sembunyikan selama ini. Kecewa? Gak begitu juga sih. Sedih? Lumayan lah, namanya udah sayang sama orang ketika pisah bagaimanapun jeleknya atau keburukan yang dia kasih pasti akan ada rasa sakit. Ya sedikit nyesek juga.
            Yang bisa jadi pelajaran buat gue cuma satu, gue terlampau polos hingga gampang banget di begoin. Yah, bener kata Raldi “Kamu itu polos banget sih. Orang kayak kamu nih gampang banget tahu di begoin.”
            Hari ini gue akui, gue emang gampang banget di begoin bukan karena gue gak sekolah tinggi-tinggi. Tapi karena gue terlalu menggunakan perasaan ketika melakukan sesuatu tanpa berfikir benarkah apa yang gue lakukan ini? Seperti kejadian tahun kemarin, tepatnya di UNHAS.
            Waktu itu gue lagi jemput adek gue. Tanpa diduga-duga, gue disamperin sama cowok. Mukanya standar, agak item dan tinggi. Kalau cakep sih udah gue ajak ke Penghulu. Dia nanya gue mahasiswa Unhas apa gak. Gue geleng dua kali. Lalu dia nanya lagi ngapain gue ada disini? Tadinya mau gue jawab “Ngojek. Nyari tambahan buat makan di Pizza Hut.” Atau sekalian gue jawab, “Lo sendiri ngapain nanya-nanya gue.” Tapi berhubung lagi-lagi gue baik hati, gue bilang aja “Gue jemput adik gue, kenapa?”
            Pertanyaan gue udah langsung to the point nih ya. Jadinya dia dengan muka melas langsung ngomong, “Mbak, aku pinjem uangnya 20 rebu boleh gak? Temen baik aku disandera di pos polisi. Aku mau nebus dia dengan uang 20 rebu itu.”
            Sungguh kasihan bukan? Temannya dia sungguh sangat tidak berharga, di tebus dengan uang 20 rebu. Murah banget ya. Gue masih masang tampang ragu-ragu, seolah gue gak percaya dengan omongannya. Kemudian cowok aneh itu kembali ngomong, “Adik mbak kuliah disini kan? Saya bakalan ngembaliin uangnya mbak lewat adik mbak kok. Kebetulan saya ini kuliah disini fakultas hukum.” Gue kembali mikir, hati gue bilang “apa salahnya nolong orang. Kan pahala juga.”
            Akhirnya gue ngasih deh uang 20 rebu ke dia. Dia bilang makasih dan langsung pergi nebus temennya di pos polisi. Begitu adik gue datang, dia nanya “Temen lo tadi?” Gue ngegeleng tiga kali. Adik gue ngomong lagi “Kenapa lo kasih uang? Lo gak dihipnotis kan?” katanya sok tahu.
            “Gak lah. Gue sadar bego! Kasian temennya di tahan di pos polisi, katanya butuh 20 rebu buat nebus temennya. Lagian dia minjem kok, katanya besok di balikin.” Balas gue dengan wajah sok pinter.
            “Lo minta nomer hapenya dia? KTP-nya lo tahan? Tau SIM dia mungkin?” Tanya adik gue lagi. Gue cuma bisa ngegeleng sekali dengan wajah penuh stempel BEGO.
            Yah, gue langsung ngasih uang karena gue kasihan. Tanpa menggunakan logika gue bagaimana proses pengembalian uang gue itu. Buat kalian yang udah baca tulisan kali ini pesen gue cuma dua. Pertama, “imbangi menggunakan perasaan dengan logika ketika melakukan sesuatu.” Kedua, “Jangan pernah terlalu sayang sama seseorang. Karena ketika orang yang kita sayang itu pergi sakitnya akan jauh lebih dahsyat di banding rasa sayang kita ke dia.”
            Itu aja deh, ntar kalau kepanjangannya jadinya malah kayak nopel-nopel picisan gak mutu. Gue pamit, Adios Fomangos Termangos-mangos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar