November 10, 2016

A Little About Disorder

Long time no write here~~

Pernahkah kalian berhubungan dengan seseorang yang memiliki disorder?
Bipolar disorder atau anxiety disorder? Atau mungkin penderita disorder lainnya?

Jika pernah, saran saya cuma satu "jangan tinggalkan mereka sekalipun mereka tampak berbeda dalam bersikap seperti orang pada umumnya."

Karena seseorang pernah mengatakan pada saya, "Penyakit mental itu tidak bisa disembuhkan sendirian." Pasti pada nanya kenapa? Well, karena penyakit tersebut kambuhnya gak tanggung-tanggung. Yang memiliki penyakit tersebut kadang tidak mengetahui kapan mereka dimasa manic kapan mereka dimasa depresi. Namun, sebagian mereka yang benar-benar paham tentang penyakitnya cukup tahu jika mereka sedang berada di masa manic atau depresi. Ini untuk kasus bipolar disorder.

Kebanyakan orang menganggap seorang penderita bipolar itu tampak seperti orang gila. Enggak kayak gitu kok. Saat masuk masa depresi adalah bagian berat bagi penderita bipolar, masa itu dia bisa saja merasa tidak berguna sama sekali, merasa usahanya terus-terusan gagal, merasa dunia memusuhinya, merasa orang-orang terus menertawakannya, dan merasa ingin sendirian tanpa berbicara dengan siapapun. Masa depresi bisa berlangsung selama 3 hari atau bahkan seminggu.

Beda lagi dengan masa manic, bagian ini adalah bagian dimana seorang penderita bipolar akan merasa senang yang teramat. Dia akan merasa segala usahanya akan sukses, ingin membelanjakan uangnya terus menerus, idenya seolah ingin meledak di kepalanya, dan dia senang berbicara.

Tidak banyak orang yang bisa memahami hal tersebut. Mungkin karena itulah kenapa penyakit mental yang seperti teman saya katakan tidak bisa disembuhkan sendirian. Harus ada yang menemani seseorang penderita bipolar. Hanya untuk memastikan dia selalu baik-baik saja dalam setiap tingkah lakunya.

Well yeah, sekian dulu sedikit tulisan tentang disorder. Pankapan nulis dimari lagi~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar